Thursday, April 28, 2011

7 bentuk awan yang paling langka di dunia

Quote:
Quote:
1. Nacreous Clouds
Awan Nacreous
Awan ini jarang kita lihat, kadang-kadang disebut awan ibu mutiara, berada di ketinggian 15 - 25km (9 -16 mil)di stratosfer dan jauh di atas awan troposfer.
Quote:
Spoiler for :
Mereka memiliki warna yang bervariasi tetapi bukan sembarang warna. variasi warna ini dibentuk dari bias cahaya matahari. Awan ini sebagian besar terlihat di daerah kutub dan di musim dingin di lintang tinggi, Skandinavia, Alaska, Kanada Utara. untuk tingkat warni awan rendah dapat dilihat di mana saja.
Quote:
Quote:
Awan Nacreous bersinar terang di bawah sinar matahari di dataran tinggi selama dua jam setelah matahari terbenam atau sebelum fajar.
Quote:
2. Mammatus CloudsAwan MammatusAwan Mammatus adalah awan dengan struktur kantung-kantung.
Quote:
Spoiler for :
Quote:
Awan mammatus tidak berbahaya dan terlihat seperti akan terjadi badai tornado, tapi itu persepsi yang salah awan ini malahan terbentuk dari badai tornado berlalu.
Quote:
Quote:
3. Noctilucent CloudsAwan Noctilucent Awan Noctilucent atau Polar Mesopheric Clouds: Ini adalah pembentukan awan extroadinarily langka yang keluar di antara ruang 82 km sampai 102 km dari permukaan tertinggi bumi (AOS).
Quote:
Spoiler for :
Quote:
Awan Noctilucent di belahan bumi yang lain akan terlihat seperti bercahaya.
Quote:
Quote:
4. Mushroom CloudsAwan Jamur Awan jamur adalah awan berbentuk jamur khas yang terbentuk dari asap, uap air kental, atau puing-puing akibat ledakan yang sangat besar. Mereka sering dikaitkan dengan ledakan nuklir. tapi tidak semua Awan jamur dihasilkan dari efek ledakan nuklir.
Quote:
Spoiler for :
letusan Gunung dapat menghasilkan awan jamur alami.
Awan Jamur terbentuk akibat perubahan panas dan masa jenis awan secara tiba-tiba
Quote:
Quote:
5. Lenticular CloudsAwan Lenticular Awan Lenticular, secara teknis dikenal sebagai lenticularis stand altocumulus, adalah awan yang terbentuk berbentuk di tempat yang tinggi.
Quote:
Spoiler for :
Ketika udara lembab stabil mengalir di sebuah gunung atau daerah pegunungan, serangkaian gelombang terbentuk dengan skala besar, terbentuk ketika awan melawan arah angin. Dalam kondisi tertentu, awan lenticular formasi yang dikenal sebagai "gelombang awan".
Quote:
Quote:
Quote:
6. Shelf Clouds
Quote:
Spoiler for :
Tidak seperti awan roll, awan Shelf (rak) melekat ke dasar awan (biasanya berlangsung ketika ada badai)..
Quote:
Quote:
Gerakan awan dibagian luar terlihat lembut dan lurus sedangkan di bagian dalam terlihat bergelombang dan robek-robek.
Quote:
7. Stratocumulus CloudsAwan StratocumulusMenurut Observatorium Meteorologi Sapporo, awan stratocumulus terbentuk akibat terjebak arus udara panas dan arus udara dingin.
Quote:
Spoiler for :
Awan ini sangat jarang dilihat.