Friday, August 27, 2010

KISAH KORBAN AKTIVASI OTAK TENGAH DAN PERSIAPAN GUGATAN HUKUM! (Waspada gan!)





Lewat THREAD ini ane berniat untuk ngebahas pelatihan yang sedang marak di Indonesia saat ini disebut sebagai AKTIVASI OTAK TENGAH (MIDBRAIN). Agan agan tentu sudah cukup familiar dengan ini. Initinya gan:


PELATIHAN INI MIRIP PENIPUAN

(Ane pake kata 'mirip' demi alasan hukum dan terinspirasi Ariel gan )


TIDAK ADA SEORANGPUN DI DUNIA INI YANG TERBUKTI BISA MEMBACA DENGAN MATA TERTUTUP. TERMASUK ANAK ANDA!




Quote:
tentu kita sangat sering mendengar ada seseorang yang mampu melakukan sesuatu dengan mata tertutup seperti membaca, bersepeda, dll. Tidak hanya itu, jika kita melongok ke website2 perguruan tenaga dalam bahkan website rekor muri (http://www.muri.org) dan melakukan search 'rekor mata tertutup' anda akan menemukan setidaknya 5 rekor yang dilakukan dengan mata tertutup. Namun sadarkan anda bahwa tidak ada satu rekorpun di guiness world of record ataupun ripleys yang menunjukkan seseorang mampu membaca dengan mata tertutup? Tahukah bahawa jref selama lebih dari 10 tahun menawarkan 1 juta dollar bagi siapun yang bisa membuktikan mampu melakukannya dan tidak ada yang bisa mendapatkannya termasuk merpati putih dan puluhan institusi lain? Tahukah bahwa eso tv dan institusi2 lain masih menawakan 10rb usd kepada siapapun yang mampu melakukan hal ini? Tidakkah janggal apabila diantara ribuan orang di indonesia yang tertangkap kamera mampu malakukanh menggambar/bersepeda/naik motor dengan mata tertutup tidak ada yang mau mengambil hadiah hadiah bergengsi tersebut? Atau karena sebenarnya mereka tidak bisa?

Kenyataannya, pertunjukan dengan mata tertutup di indonesia selalu berupa pertunjukan. Bukan pengujian! Bagi anda yang terlanjur mengikutkan anak anda ke pelatihan pelatihan tersebut dan mengaku mampu melakukan sesuatu dengan mata tertutup, harap cermatilah. Luangkan waktu sejenak untuk benar benar melakukan pengetesan sempurna akan kemampuan anak anda dalam melakukan sesuatu dengan mata tertutup. Pastikan penutup matanya rapat dan gunakan bahan yang berbeda untuk pengujian sampai anda yakin anak anda memiliki/tidak memiliki kemampuan tersebut. Jika anak anda berbohong selama ini, nasehatilah dengan penuh kasih sayang sebelum mereka terjebak menjadi pembohong. Jika anak anda ternyata mampu, anda tidak perlu mengabarkannya pada kami (karena kami sudah mendengarnya puluhan kali) namun segera daftarkanlah anak anda ke institusi2 tersebut diatas dan anak anda tidak hanya kan berprestasi dan membanggakan anda, namun seluruh indonesia. Semoga tuhan memberkati kita.




Quote:
DISCLAIMER: TUJUAN THREAD INI

Di tengah tengah Gencarnya promosi GMC yang menawarkan anaknya menjadi jenius, disertai janji janji manfaat yang lain, masyarakat banyak menemukan dan menulis mengenai kejanggalan2 ilmiah, dan testimoni negatif tentang GMC maupun program aktivasi otak tengah yang lain yang tidak akan anda temukan di website mereka. THREAD ini adalah kumpulan dari tulisan tulisan masyarakatkami Menunggu dan Memberi kesempatan kepada seluruh trainer/ahli aktivasi otak tengah yang tersebar ribuan di seluruh Indonesia untuk mengklarifikasi beberapa temuan di masyarakat. Semakin lama anda bereaksi, semakin masyarakat akan curiga akan pergerakan instritusi institusi anda. tersebut serta usaha mencari jawaban dan cover bothside dari program aktivasi otak tengah. Lewat THREAD ini



PERTANYAAN 1. (Mengenai kemiripan Aktivasi otak tengah dengan Bronnikov Method di rusia yang telah terbukti sebagai penipuan 5 tahun lalu)

Apa yang membedakan Program Aktivasi Otak tengah Anda dengan Bronnikov Method di Rusia yang terbukti merupakan Penipuan pseudoscience selagi metode kalian SANGAT mirip satu sama lain?



Spoiler for Penjelasan lebih lanjut:

Aktivasi otak tengah merupakan bentuk pelatihan yang konon mengaktifkan 'fungsi otak tengah' sehingga otak kanan dan kiri bisa seimbang. Sebagai bonus dan indikator telah aktifnya otak tengah mereka mengklaim bisa melakukan Blindreading (Membaca dengan mata tertutup). Meskipun disebut sebagai bonus, anehnya ini menjadi gembar gembor utama dan semua foto, dokumentasi, dan video mereka hanya menyajikan orang orang yang tampak sedang melakukan berbagai aktivitas dengan mata tertutup. Salah satu webnya adalah berikut:
GMC Indonesia
http://www.gmc-geniusmind.com/

Berikut foto foto dalam web tersebut :


Foto foto lain
Spoiler for Aktivasi Otak tengah:







TERNYATA Pelatihan ini sangat 'mirip' (minjem istilah kasus Ariel ) dengan Metode Pelatihan Bronnikov (Bronnikov method) yang sudah berkembang di Rusia sekitar 5 tahun lalu gan. Kenyataannya Bronnikov terbukti merupakan PENIPUAN berkedok SCIENCE (Pseudo science)

Foto2 Bronnikov method


Spoiler for FOTO2 BRONNIKOV:





METODE TERSEBUT TELAH DIBONGKAR SEBAGAI PENIPUAN OLEH JAMES RANDY

James Randy adalah mantan pesulap ternama yang akhirnya mendedikasikan dirinya untuk ilmu pengetahuan. Dia membongkar beberapa praktek penipuan spiritual, psikokinetik, dll. Ulasannya tentang Bronnikov method dapat dilihat disini:
PENJELASAN RANDI
http://www.randi.org/jr/022202.html

[center]Show Televisinya berhasil mengungkap beberapa klaim palsu:





Kepalsuan Bronikov method juga dibongkar oleh sebuah stasiun TV dalam tayangan berikut:





10 PERTANYAAN ILMIAH YANG TIDAK MUNGKIN BISA DIJAWAB OLEH GMC
Quote:

Berikut adalah 10 pertanyaan yang tidak mungkin bisa dijawab GMC. Bisakah anda menjawabnya?

1. Apa yang membedakan GMC dengan Bronnikov method di Rusia yg terbukti merupakan penipuan selagi mereka sangat mirip?
2. Apa hubungan antara bisa membaca dengan mata tertutup dengan kejeniusan?
3. Ketika organ mata ditutup, organ mana yg yg mampu mengenali cahaya?
4. Ada yg bilang GMC mencatut nama prof Shichida Makoto. Benarkah? Pada buku apa prof Shicida berkata tentang otak tengah selagi beliau adalah pakar otak kanan?
5. Mengapa fungsi otak tengah yg ada di web web GMC jauh berbeda dengan literatur ilmiah manapun di Internet?
6. Di banyak web menyebutkan metode ini berkembang sejak 40 tahun di jepang. Apa nama institusi yg mengajarkannya? Dimana webnya?
7. Dalam Blind reading, bagian tubuh mana yg mengeluarkan gelombang? Dan bagian tubuh mana yang menangkapnya kembali? Apa referensi ilmiah yg menunjukkan organ tersebut bisa mengeluarkan gelombang?
8. Kenapa GMC selalu menganalogikan kemampuan BFR dengan sonar lumba2 selagi mereka jauh berbeda? Lumba2 mengeluarkan suara dan mendengar pantulannya. BFR GMC kan tidak?
9. Bagaimana BFR mengenali huruf dan menyamakannya pada echolocation kelelawar/lumba2 sementara echolocation bahkan tidak bisa membedakan warna?
10. Jurnal/artikel ilmiah mana yg menyebutkan otak tengah manusia belum aktif?
UPDATE:
Pertanyaan tersebut diposting seseorang di Wall DOkter GMC dan
dr. Meigiri (Dokter GMC) merespon pertanyaan tersebut sebagai berikut:


Spoiler for Cara Dokter GMC menjawab pertanyaan ilmiah:






pertanyaan2 dan pertentangan Ilmiah lain bisa dilihat disini:
PERTANYAAN2 ILMIAH YANG DISUSUN OLEH AGAN ERIC WEZS


Berhubung ane bingung dan berusaha lebih skeptik tentang fenomena otak tengah, barusan ane coba masuk ke http://www.g*mc-geniusmind.com/whats-midbrain-activation.html (Buang * nya). Setelah membaca penjelasan disana, ada beberapa hal yang menurut ane itu belum ada pembuktiannya alias dicurigai penipuan!

Untuk yang mengerti khususnya trainer GMC mohon dijelaskan pertanyaan saya dibawah..

Quote:
Baru-baru ini di masyarakat marak terdapat fenomena yang membuat orang merasa ingin tahu dan merasa gelisah. Yaitu beberapa anak-anak setelah melalui suatu pelajaran dan pelatihan khusus, dapat melihat benda sambil menutup mata, membaca tulisan dan lain sebagainya. Sehingga membuat banyak orang merasa bingung. Menuai berbagai macam reaksi; ada yang sangat gembira, ada juga yang menganggap sebagai aliran sesat; juga ada yang menganggap sejenis tipu muslihat baru untuk menipu uang orang banyak. Apakah sebenarnya kejadian seperti ini? Bila merupakan muslihat penipuan, mengapa tidak ada orang yang menguaknya? Bila benar-benar merupakan pengembangan daya otak, mengapa dengan menutup mata dapat melihat benda? Tidak menggunakan mata dapat melihat benda bukankah sebuah fenomena yang menyesatkan?

Untuk memahami fenomena ini, kita perlu terlebih dahulu dijelaskan oleh pendiri yang mengadakan pelajaran-pelajaran tersebut. Diantaranya adalah ahli teknologi ilmiah komputer Amerika serta ahli dari Asosiasi Spesialis Komputer Inggris (MACP) dan juga Pelatih dan Pelaksana Senior Sertifikasi Program Bahasa Internasional. Melalui penelitian lebih dari sepuluh tahun, mereka berhasil menggunakan teknologi komputer untuk membangkitkan fungsi potensial dari otak manusia
Quote:
  • Siapa yang disebut ahli teknologi ilmiah komputer Amerika?
  • Siapa ahli dari MACP?
  • Penelitian yang mana dan mana referensi hasil penelitian tersebut?
Penelitian mereka dikhususkan untuk memperhatikan fungsi dari mid-brain terletak ditengah-tengah otak kiri dan otak kanan. Fungsi dari midrbrain adalah sebagai jembatan antara otak kiri dengan otak kanan; dalam kondisi tertidur, interbrain manusia tidak dapat berkembang secara maksimal. Oleh karenanya, fungsi interaktif antara otak kiri dan otak kanan mengalami keterbatasan. Saat ini, banyak ahli meneliti bagaimana membantu keseimbangan operasional otak kanan dan otak kiri. Dari penelitian selama 25 tahun terakhir, terdapat 15 orang yang memperoleh hadiah Nobel dari penelitian terhadap daya otak. Dalam pelatihan dilakukan berbagai pelajaran yang berbeda; seperti mental-aritmatik, pengembangan seluruh otak dan lain sebagainya. Yang mana beberapa hal tersebut merupakan hasil dari penelitian. Tujuannya semua adalah untuk membantu menyeimbangkan penggunaan otak kanan dan otak kiri serta menggali potensi daya otak; yang mana hasilnya berbeda-beda.
Quote:
  • Apa buktinya secara ilmiah dan kedokteran bahwa midbrain adalah jembatan antara otak kiri dan kanan?
  • Ahli mana yang meneliti bagaimana membantu keseimbangan operasional otak kanan dan otak kiri?
  • Siapa 15 orang yang memperoleh hadiah nobel dari penelitian terhadap daya otak? Mosok gak ada namanya?
Sebuah penemuan yang baru adalah metode yang berbeda dengan lainnya. Berdasarkan ilmu psikologi yang luar biasa, teknik kegeniusan mutakhir, neurolinguistik, ilmu komunikasi, ilmu tingkah laku dan lain sebagainya serta menggunakan teknologi komputer ilmiah mutakhir, dalam waktu yang sangat pendek yaitu satu setengah hari, dapat berhasil mengaktifkan midbrain anak-anak. Hal ini merupakan sebuah prestasi yang dikagumi oleh orang-orang di luar dan di dalam negeri dan juga merupakan kehormatan bagi umat manusia modern.
Umumnya, setelah midbrain diaktifkan, daya ingat mereka dapat meningkat, daya konsentrasi membaik; daya kreasi bertambah, gerakan kinetik juga menjadi lebih baik, hormon menjadi seimbang, serta emosi menjadi stabil dan lain sebagainya. Aktivasi ini sangat jelas terlihat hasilnya bagi anak hiperaktif maupun anak dengan daya ingat yang lemah.
Quote:
  • Penemuan yang baru diatas pasti ada makalahnya sebelum disebutkan sebagai sebuah penemuan, apalagi kalau ada dasar ilmunya seperti psikologi, neurolinguistik, dll.. tolong diberikan referensinya?
  • Prestasi yang dikagumi oleh orang-orang diluar dan didalam negri maksudnya apa? apa ada buktinya?
  • Buktikan bahwa setelah midbrain diaktifkan maka daya ingat juga akan meningkat secara ilmiah?
Melalui teknik “Genius Mind”, pelatihan ini disebarluaskan; yang dinamakan dengan “Metode Belajar Midbrain”. Berdasarkan penjelasan para ahli, setelah midbrain diaktifkan, midbrain akan dapat mengeluarkan gelombang otak untuk merasakan dan bereaksi terhadap benda-benda diluar. Dapat dikatakan juga bahwa dengan menutup mata, masih dapat mengenai benda-benda, huruf, warna dan lain sebagainya. Jadi, dengan pelajaran dan pelatihan selama satu setengah hari, akan dapat membantu anak “melihat” dengan menutup mata.
Quote:
  • Siapa saja para ahli yang menyebutkan bahwa midbrain dapat mengeluarkan gelombang otak untuk merasakan dan bereaksi terhada benda-benda diluar?
  • Apa referensinya?

PERBEDAAN DASAR FUNGSI OTAK KANAN & KIRI

Dunia medis di jaman dahulu menganggap bahwa perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri tidaklah besar. Namun, pada saat ini, perbedaan fungsi otak kiri dan otak kanan tidak hanya menjadi pengetahuan yang diakui bersama oleh para praktisi medis pada umumnya, tetapi juga menjadi sebuah cabang ilmu pengetahuan yang khusus diteliti.
Quote:
  • Karena Anda mengatakan dunia medis, maka tolong disebutkan referensi dari dunia medis tersebut, termasuk apa nama cabang ilmu pengetahuan tersebut? Saya menduga Anda akan menjawab neurologi
Fungsi otak kiri adalah untuk berpikir nalar, analisa, kemampuan berbahasa dan kemampuan menghitung. Dapat dikatakan juga bertanggung jawab terhadap IQ seseorang. Seseorang dengan kecenderungan otak kiri yang lebih dominan lebih egois, mementingkan diri sendiri, mudah iri hati, sombong dan lain sebagainya. Otak kanan bertanggung jawab dalam emosi, daya intuisi, daya kreasi, kesenian, kemampuan refleksi, daya ingat, kepribadian dan lain sebagainya. Yaitu bertanggung jawab terhadap emosi (EQ). Seseorang dengan kecenderungan otak kanan yang lebih dominan cenderung dapat lebih berperasaan serta kurang kemampuan manajerial.
Pendidikan saat ini kebanyakan lebih mengutamakan otak kiri. Sehingga mengakibatkan banyak orang tidak percaya adanya indera intuisi, daya prediksi dan kemampuan perspektif yang merupakan gejala umum dimana fungsi otak kanan tertekan oleh otak kiri.
Quote:
Silakan berikan referensi tentang fungsi otak kiri dan kanan?
Tetapi, setelah midbrain diaktifkan, fungsi dari otak kanan dan otak kiri dapat berjalan secara seimbang. Otak kiri tidak lagi menekan otak kanan. Kemampuan prediksi, daya ingat, kesenian dan kemampuan refleks tidak hanya menjadi berkembang, tetapi kemampuan manajerial dan pemahaman mereka juga dapat terpelihara. Orang seperti ini akan lebih memiliki rasa cinta kasih, lebih mencintai orang tua sendiri, termasuk orang yang lebih tua, memiliki kecerdasan dan kerukunan. Memulihkan potensi awal yang semestinya dimiliki oleh umat manusia.
Quote:
  • Sekali lagi mohon referensi yang membuktikan bahwa setelah midbrain diaktifkan. fungsi otak kanan dan otak kiri dapat berjalan secara seimbang?
  • Buktikan kalimat Anda selanjutnya tentang akibat dari mengaktifkan midbrain, seperti kemampuan prediksi, dll
BAGAIMANAKAH MIDBRAIN DIAKTIFKAN?

Di masyarakat, terdapat berbagai metode dalam mengaktifkan midbrain; masing-masing metode memiliki hasil yang berbeda-beda. GMC menggunakan teknologi komputer yang modern; mengaktifkan midbrain melalui kolaborasi dan kemanjuran musik, audio dan lain sebagainya. Dengan prinsip ini, dilakukan pelatihan terhadap janin dengan menggunakan musik “Mozart”. Laporan menyebutkan bahwa setelah bayi lahir, lebih cerdas serta lebih cepat belajar dibanding dengan bayi lainnya.
Quote:
Referensi laporan tersebut?
Letak perbedaannya adalah bayi yang telah tumbuh sekarang telah menjadi anak-anak; jadi, musik atau suara yang digunakan perlu lebih kuat beberapa kali dari musik Mozart. Yang lebih membanggakan adalah: metode yang digunakan oleh GMC memiliki tingkat keberhasilan mencapai 70-80%.
Pertanyaan diatas cukup untuk membuktikan kebenaran GMC, silakan masuk ke websitenya untuk membaca sisanya.

Sebelum dapat dijawab, ane menyatakan bahwa GMC dan teori otak tengahnya adalah PSEUDO-SCIENCE atau Teori ilmiah yang dibuat-buat.

Sedangkan teori bahwa otak tengah jika diaktifkan dapat membuat anak memiliki kemampuan ajaib seperti membaca dengan ditutup mata belum dapat dibuktikan secara ilmiah dan dicurigai sebagai penipuan secara tidak langsung.

Tambahan informasi, James Randy di http://www.randi.org/jr/2006-05/051906sylvia.html#i5 memberikan satu contoh bahwa melihat dengan menggunakan penutup mata adalah HOAX dan James Randy akan memberikan imbalan 1 juta dollar bagi siapa yang dapat membuktikan kebenarannya.

Thread ini dibuat tidak bermaksud untuk menjelekan GMC, bahkan jika berhasil dijawab dan dibuktikan semuanya, malah artinya ane mempromosikan GMC...





TESTIMONI DAN RENCANA TUNTUTAN DARI SESEORANG DI FACEBOOK


Berikut dibawah adalah testimonial yang ditulis seseorang di facebook:
(Panjang gan, tapi SANGAT LAYAK dibaca)

http://www.facebook.com/topic.php?to...711671#post469


Quote:
Setelah dia buka tutup matanya, saya tunjukkan 'tuh kan adik sekarang kok banyak salahnya' (saya tidak bilang salah semua). Akhirnya sambil saya peluk saya bisikkan ke telinganya. Adik kemarin-kemarin waktu betul semua ngintip ya? Dan dia dengan malu-malu mengaku. Iya memang ngintip. Sewaktu membaca juga demikian, bahkan ketika di test maju ke depan di akhir sessi aktivasi juga ngintip. Saya masih berusaha untuk tidak bereaksi negatif, saya menghibur dia dengan bilang ga apa apa kok, tapi lain kali ga usah bohong-bohong ya ....[u] Tetapi dalam hati saya hancur ..... anak saya yang masih TK "terkondisikan" untuk mulai belajar jadi penipu ....

Selengkapnya bisa dibaca di post berikut:

FACEBOOK - Menggugat GMC (Genius Mind Consultancy) Indonesia
WORDPRESS- Menggugat GMC (Genius Mind Consultancy) Indonesia



PARODI OTAK TENGAH KARYA FAHMI ASYARI










FIELD REPORT "Festival Anak Jenius"


Wuiih... meskipun cuman dateng bentar, ane sempet Hunting Foto bareng beberapa Temen Cubers Jogja. Bertepatan Hari Kemerdekaan, AJI (Anak Jenius Indonesia) menyelenggarakan Festival Anak Jenius di Pelataran Saphir Square Mall Yogyakarta. (Salah langkah mereka... Lha wong dedengkot Cuber markasnya disitu semua )

Jika ini dibiarkan, akan menjadi potret masa depan bangsa kita dimana pada saat Peringatan hari kemerdekaan, Kebodohan masih merajalela.



Sayangnya, ane dateng telat sehingga ga bisa melihat keseluruhan Acara. Kebetulan harus nyupirin nyokap pulang dari tugas kantor di luar kota. Sementara pas hari itu ada lomba rubik di Amplas sehingga Squad Cuber ga bisa maksimal. Tapi berdasarkan informasi dari rekan rekan yang sudah menyatroni tempat itu, ada demo Naik sepeda, main musik, dll. Untung ane masih kebagian acara 'mewarnai dengan mata tertutup'.

AJI memberikan penutup mata 'default' yang dikenakan anak didiknya. Terbuat dari kain dengan sedikit lubang untuk pangkal hidung. Ini tentu saja seolah menambah rapat celah dibawah mata, tapi juga membuka celah kedepan sehingga memungkinkan anak membaca tegak lurus dengan mata (tidak perlu mendongak) tapi cukup menoleh 45 derajat ke kanan atau ke kiri untuk melihat kedepan. Ilustrasinya seperti ini:






Di acara ini, meskipun kita bisa mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan anak anak itu, saya tidak mendapatkan rasa 'miris' yang dialami rekan rekan JRCC pada acara GMC di Margo City. Sepertinya mereka senang senang saja show off. Baik orang tua maupun anak. Saya mendatangi beberapa orang tua dan melakukan pembicaraan yang singkat namun cukup memberikan IDE apa yang sebenarnya terjadi.

VK: "Wah... ini putrinya ya pak?" Sambil menunjuk anak yangs edang mewarnai sambil menggunakan penutup mata.
OT: "Benar mas...!" Kedua orang tua ini menoleh dan menghadap saya. Antusias dan bangga.
VK: "Wah, mau saya kenalkan rekan saya pak? Dia mau bayar 13 juta kalau anaknya beneran bisa. Nanti di test."

Saat ini mereka langsung salting dan mulai menghindar. Saya kejar terus dan meyakinkan bahwa saya tidak main main. Akhirnya mereka berkata.

OT: "Jangan mas, anaknya masih belajar kok..."

Ini memberi petunjuk bahwa sebenarnya orang tua itu tidak yakin anaknya jujur.

Saya berbicara dengan beberapa orang tua lainnya dan rata rata tanggapannya sama. Mereka menghindar.

Ada satu adegan yang membuat saya trenyuh. Dimana seolah Sang Ibu SANGAT percaya kemampuan anaknya sehingga menutup mata sang anak sampai hampir menutupi hingung. Sang anak panik tapi tak bisa protes. Tampak di gambar berikut:




Spoiler for Trenyuh:









Kasihan gan

Selengkapnya




Spoiler for "Foto Foto Selengkapnya... BW WARNING:






Pimpinan AJI PUSAT

























paling miris gan




Dari Grup FB GMC depok